Profile

Sekolah Alam Fathia Sukabumi

Sekolah Alam Fathia Sukabumi didirikan pada tahun 2004 dengan jumlah murid sebanyak 40 orang. Sekolah Alam Fathia Sukabumi Kota Sukabumi menaungi pendidikan untuk tingkat Playgroup, Taman Kanak-kanak dan untuk tahun 2008 mulai dibuka tingkatan Sekolah Dasar.

Sekolah Alam Fathia Sukabumi Kota Sukabumi dikelola oleh Yayasan  Assyukuriyah dan telah mendapatkan izin Pendirian dan Penyelenggaraan Taman Kanak- Kanak pada tanggal 30 Desember 2005 dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan No. 421.1/058/Prapendas/2005.

Pada Tahun 2009 SD Islam Fathia mendapat izin penyelenggaraan sekolah dengan SK Izin Penyelenggaraan Sekolah No. 421/943/SETDISDIK/2009

Saat ini Sekolah Dasar menginjak tahun keenam, akan meluluskan Angkatan Pertama.

Sekolah Alam Fathia Sukabumi Kota Sukabumi dibangun di atas tanah milik Yayasan Assyukuriyah seluas 18.000 m2. Dengan sarana dan prasarana lengkap antara lain: Ruang Belajar yang bernuansa alam, Ruang Perpustakaan, Lab Komputer, Ruang UKS, Lapangan Olah Raga, Musholla, Ruang Yayasan dan Kepala TK, Ruang TU, Kolam Renang, Saung Makan, Fish Garden, Aula/ Gedung Serba guna, Outbound Zone, Farming Zone, Medicinal Herbs Area, Camping ground, Pets Zone, Water Life Zone, Gazebo, Sands Area dan Gedung Asrama bertingkat.

Taman Kanak-kanak Sekolah Alam Fathia Sukabumi Kota Sukabumi pada tahun 2007 mendapat kehormatan sebagai Juara I Sekolah Sehat Tingkat Nasional sedangkan untuk SD mendapat penghargaan Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2011

Motto : Fun, Natural, Experience

Visi

Fathia Islamic School sebagai lembaga pendidikan yang mampu menjadikan generasi unggul berdasarkan Al Quran dan As Sunnah

Misi

1. Membentuk karakter anak yang dapat memahami dan mengaplikasikan nilai keislaman, cerdas, dinamis dan berwawasan lingkungan.

2. Mempersiapkan anak didik dengan pengetahuan dan keterampilan agar memiliki Basic Skill (kemampuan dasar), Life kill (kemampuan untuk hidup sesuai dengan tantangan jaman), Leadership Skill (kemampuan untuk menjadi pemimpin) dan Spiritual Skill (kemampuan untuk hidup sesuai dengan aturan Sang Pencipta).

Kurikulum

Kurikulum SD Islam Fathia dikembangkan dengan kurikulum terintegrasi dan holistik (Diknas, Alam dan Dienul Islam)

 

Karakter

Adapun dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter ini, SD Islam Fathia menanamkan nilai-nilai FATHIA kepada anak-anak. Adapun nilai-nilai FATHIA yang di maksud antara lain :

F : Faith / Spiritual

  1. Cinta Allah
  2. Cinta Rosul
  3. Cinta Al qquran

A : Akhlaq / Akhlak

  1. Jujur
  2. Santun
  3. Cinta lingkungan

T : Trust / Amanah

  1. Tanggung jawab
  2. Memimpin
  3. Amanah

H : Helpfull / Penolong

  1. Empati
  2. Berbagi
  3. Mengasihi

I :Improvement / pengembangan

  1. Kreatif
  2. Inovatif
  3. Produktif

A : Advance / menjadi yang terdepan / Unggul

  1. Cerdas
  2. Dinamis
  3. Pembelajar / not stop learning

Nilai-nilai tersebut diterjemahkan dan menjadi program, seperti pada :

FAITH. Cinta Allah, Cinta Rosul,  Cinta Quran. Pembiasaan sholat Dhuha, Pembiasaan sholat Dhuhur, Pembiasaan sholat Ashar, Pembiasaan sholat Jumat, Pembiasaan Asmaul husna, Mengenal ciptaan Allah, Mengenal sifat-sifat Allah, Mabit ( malam bina Iman dan Taqwa), Peringatan hari besar Islam, Mengenal sifat-sifat Rosul, Mengenal sunnah Rosul, Mengenal dan Mengetahui kisah para Nabi, Tilawati, Tahfidz, BTQ, Menterjemahkan ayat Al-quran pada surat pendek, Menjelaskan isi kandungan Al-Quran

AKHLAK.  Jujur,  Santun, dan Cinta Lingkungan

Perkataan dan perbuatan, Welcoming (Senyum, Salam, Sapa), Etika berbicara, Etika makan dan minum, Etika sikap dan perilaku, Membuang sampah pada tempatnya, Menyayangi tanaman dan hewan, Melestarikan lingkungan ( tumbuhan dan hewan), KAMSIH ( kamis Bersih ), Memanfaatkan barangbarang bekas, UKS (Usaha Kesehatan Lingkungan), Farming

TRUST. Memimpin Tanggung jawab Amanah. Outbound, Pramuka,  Menjadi Imam sholat, Study camp, Piket, Menyimpan sandal dan sepatu, Menjaga kebersihan kelas, Menjaga kebersihan lingkungan , Menyelesaikan tugas, Melaksanakan Tugas Menabung

HELPFUL.  Empati,  Berbagi, Mengasihi.  Menjenguk guru / teman yang sakit,  Menolong sesama manusia,  Infaq,  Sedekah,  BAKSOS ( Bakti Sosial ) Tajil on the road

IMPROVEMENT. Kreatif, Inovatif, produktif.  Membuat karya / kreasi dari barang bekas, TIK ( Teknologi, Informasi dan Komunikasi), Hasta Karya, Ekstrakulikuler ( Perkusi, Angklung, Sains Club ), Pembiasaan membaca.

ADVANCE. Cerdas, Dinamis,   Pembelajar / not stop learning. Diary writing, Membuat kliping, Membuat karya tulis, Perpustakaan, Kunjungan Edukasi, Olimpade dan kompetisi

Sekolah Alam Fathia Sukabumi memanfaatkan alam yang terkembang ini untuk proses pembelajaran dalam 3 hal pokok, yaitu :

1. Alam Sebagai Ruang Belajar

Karena belajar tidak hanya belajar di kelas, dimana saja dan pada siapa saja

2. Alam Sebagai Media dan Bahan Ajar

Alam yang sangat kaya menyediakan berbagai jenis benda yang bisa digunakan sebagai media & bahan ajar yang diperlukan untuk mendukung efektifitas program pembelajaran.Media & bahan ajar buatan digunakan mengacu pada prinsip : reduce-reuse-recycle

3. Alam Sebagai Obyek Belajar

Proses pembelajaran melalui pengamatan dan uji coba terhadap gejala-gejala alam, mengasah daya kritis dan kepekaan anak yang membawa mereka pada kesadaran akan ke Maha Kuasaan Allah SWT, Robb semesta alam