Pola Perkembangan Anak Usia 6 Tahun

Pola Perkembangan  Anak Usia 6 Tahun

FISIK

  • Mempunyai visual yang baik untuk membaca
  • Lebih aware  pada jari-jari sebagai alat
  • Slopping; dengan tergesa-gesa; kecepatan adalah ciri khas untuk anak 6 tahun
  • Bising di dalam kelas
  • Jatuh dari kursi
  • Belajar untuk membedakan kiri dan kanan
  • Kegiatan oral  (menggigit) – menggigit pencil, kuku, rambut
  • Mudah lelah, sering sakit
  • Suka kegiatan di luar ruangan, olah raga

SOSIAL

  • Ingin selalu yang pertama
  • Bersifat kompetitif, antusias
  • Kadang-kadang memperlihatkan “tidak sporti” atau tidak jujur; menemukan aturan-aturan
  • Ingin melakukan dengan benar, tetapi banyak melakukan uji coba
  • Sulit menhadapi kegagalan; membutuhkan motivasi/dorongan yang kuat
  • Menunjukkan rasa senang yang tinggi; suka dengan kejutan, tipuan
  • Bisa menjadi seperti pengatur, suka menggoda dan suka mengkritik orang lain
  • Mudah kecewa bila terluka
  • Teman itu penting (mungkin mempunyai teman karib/sahabat)
  • Sekolah tempat menggantikan rumah sebagai tempat pulang penting yang mempengaruhi lingkungan

BAHASA

  • Suka “bekerja” (Suka membuat kalimat, tebak-tebakan)
  • Suka untuk menjelaskan sesuatu; kegiatan bercerita dan mempertunjukkan sesuatu itu sangat bermanfaat
  • Suka bercanda dan permaianan teka-teki (tebak-tebakan)
  • Menggunakan bahasa yang antusias atau heboh
  • Menjadi orang yang suka mengeluh (jika tidak dapat target)

KOGNISI

  • Suka bertanya
  • Suka permainan baru, gagasan-gagasan
  • Suka mewarnai, melukis
  • Belajar paling baik melalui penemuan-penemuan.
  • Suka terhadap proses daripada hasil
  • Mencoba lebih keras untuk dapat berhasil
  • Main peran berkembang
  • Simbol-simbol representasi lebih penting
  • Lebih memahami hubungan spatial dan fungsional
  • Mulai lebih paham terhadap kejadian-kejadian yang lalu jika dikaitkan dengan kejadian-kejadian saat ini yang mirip
  • Mulai tertarik dengan keterampilan dan teknik-teknik untuk kepentingannya sendiri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *